♥ Baca iiuuukk...giVe uR coMMent yiia,.. ♥


Senin, 23 Juni 2008

Kegagalan,..


Gagal. Sebuah kata yang sangat menyakitkan dalam kehidupan manusia. sebuah kata yang membuat seseorang menangis dan putus asa. Siapa yang tidak pernah merasakan kegagalan?
Tidak lulus sekolah, tidak lulus UMB, gagal masuk sekolah favorit, begitu banyak contoh kegagalan yang terjadi dalam kehidupan kita.

Haruskah kita menangis? Haruskah kita berputus asa? Tentu TIDAK kawan! Bukankah selalu ada hikmah dibalik semua peristiwa? Tak terkecuali kegagalan.

Kegagalan mungkin adalah sesuatu yang menyakitkan, yang tidak baik untuk diri kita, tapi ingatkah kita, bahwa tidak selamanya yang kita anggap baik, baik juga di mata Allah? Begitu juga sebaliknya, tak selamanya yang kita anggap tidak baik, tidak baik juga di mata Allah. Allah selalu menyimpan suatu hikmah dibalik setiap takdir-Nya. Just trust Allah guys!!

Ketika MTS, aku pernah mengikuti lomba speech tingkat provinsi di Anyer, saat itu aku gagal meraih juara. Bahkan ketika itu aku merasa sangat buruk dan hanya mempermalukan nama kabupatenku saja. GAGAL!! Itu yang aku dapatkan sesampainya di rumah. Sedih sekali…

Tapi kegagalan itu yang membuatku semakin ingin belajar dan terus mencoba. Rupanya Allah memang punya rencana lain. Allah ingin aku berikhtiar dulu dan belajar arti dari kesabaran dan kerja keras. Alhamdulillah, setelah hampir 3 tahun akhirnya aku berhasil meraih juara 1 lomba speech tingkat provinsi di SMA. Bayangkan, pahitnya kegagalan itu berhasil terganti setelah penantian dan kerja kerasku selama 3 tahun! Saat itu aku hanya berfikir, mungkin jika Allah menjadikan aku juara ketika SMP, aku hanya akan menjadi gadis yang sombong dan tidak akan berlatih sekeras ini. Bukankah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? Dont give up gals!! Allah always give the best things for his ummah!!

Ada sebuah cerita lain tentang kegagalan. Sebut saja namanya Fulanah. Sudah 2 tahun ia mengikuti kursus untuk masuk PTN yang ia inginkan. Tapi sampai saat ini, ia selalu gagal. UMB tahun inipun ia gagal lagi. Padahal ia sudah mengorbankan materi, dan umurnya hanya untuk masuk ke PTN yang ia inginkan. memang benar bahwa hidup adalah perdjoeangan ( wah, jadi inget Pa Romi nih ) tapi apakah untuk itu kita harus mengorbankan segalanya? materi, usia, coba bayangkan jika dalam 2 tahun itu ia membuat alternatif lain dengan kuliah di PTN lain yang ia minati, mungkin kuliahnya sekarang sudah hampir selesai. Sekali lagi, berfikirlah positif. Mungkin Allah punya rahasia lain. Ingatlah bahwa tak selamanya baik menurut kita baik juga menurut Allah. Mungkin jika ia kuliah disana, ia malah akan semakin stress dengan segala tuntutan kompetesi dan tidak cocok dengan lingkungan yang ada. Ketika kita menginginkan sesuatu, berikhtiar dan berdoa memang cara utama. Tapi jika itu semua sudah kita lakukan tapi hasilnya tetap gagal, cobalah untuk bertawakal. Cari alternatif lain dan berfikirlah dewasa. Fikirkan berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan dan waktu yang terus berjalan. Berfikirlah bahwa diluar sana masih banyak PTN yang bagus dan dapat dijadikan tempat belajar. Be positive guys!! Allah always beside us!!

So, JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL!! DON’T GIVE UP, BE POSITIVE, AND KEEP TRYING!!

Tidak ada komentar:

 
cursor